LABORATORY OF MATHEMATICS




Laboratorium Matematika terdiri dari tiga unit laboratorium yaitu Laboratorium Komputasi, Laboratorium Media Pembelajaran, dan Laboratorium Pendidikan Matematika Realistik. Penggunaan laboratorium matematika difokuskan untuk menunjang perkuliahan mahasiswa melalui praktikum terintegrasi dalam mata kuliah, misalnya kalkulus diferensial, pemrograman visual, kalkulus peubah banyak, dan media pembelajaran.

1) Laboratorium Komputasi

Laboratorium Komputasi ini terdiri dari Laboratorium Komputer untuk penyelenggaraan perkuliahan yang memiliki kegiatan praktikum komputer dan Ruang Diskusi yang terbagi dalam beberapa ruangan kecil (Cubicus) sebagai tempat diskusi untuk pengembangan program atau penelitian bagi mahasiswa S1 dan dapat digunakan sebagai ruang bimbingan skripsi.

Di Laboratorium Komputer, terdapat 40 komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan intranet dan internet. Cubicus menyediakan fasilitas meja, kursi dan koneksi internet, karena mahasiswa lebih memilih membawa laptop sendiri. Untuk mendukung perkuliahan atau penelitian di bidang komputasi, disediakan beberapa software dan aplikasi berlisensi, seperti: Visual Studio, Visual C, Unity, SQL Server, dll.

 


PIC/Dosen       : Dr. Atik Wintarti, M.Kom

b.  Deskripsi         :

Laboratorium Komputasi menyediakan fasilitas komputasi (komputer dan software) baik bagi dosen maupun mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan berbasis komputasi, praktek komputer dengan asisten tutorial, dan kegiatan berbasis penelitian. Dalam mendukung kegiatan perkuliahan dan penelitian, disediakan beberapa software berlisensi seperti Visual Studio, Visual C, Unity, SQL Server, dll.

c.   Alat-Alat dan Fungsinya:

· Personal Computer, untuk latihan

· Jaringan intranet, untuk interkoneksi antar komputer laboratorium

· Jaringan internet, untuk koneksi internet

· Server, untuk manajemen jaringan

· LCD Projector, untuk menampilkan isi mata kau secara visual

d.  Activities supported in the laboratory (include the schedule if available):

·     Computers required course activities

·     Tutorial practice activities with tutorial assistants)

·     Students’ research

·     Development of ICT based learning media

e.  Products/outcomes

·     Application as course assignment

·     ICT based learning media


2) Laboratory of Learning Media

Laboratorium Pembelajaran adalah laboratorium yang merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan praktikum pembuatan media pembelajaran matematika, kumpulan media pembelajaran matematika yang telah diproduksi oleh mahasiswa selama mata kuliah Media Pembelajaran, dan / atau penelitian mahasiswa program sarjana. Laboratorium ini didukung dengan sarana dan prasarana berupa ruang sub laboratorium, ruang dosen, ruang praktik, asisten laboratorium, ruang perlengkapan dan bahan, serta ruangan.

Beberapa media pembelajaran matematika yang telah dihasilkan siswa dipamerkan di etalase toko berdasarkan jenjang sekolah: SD, SMP, dan SMA, dan ruang lingkupnya: aljabar, geometri. trigonometri, statistika, dan sebagainya.









a.  PIC/Lecturer       : Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.

b.  Description         :

Laboratorium Media Pembelajaran menyediakan fasilitas untuk pengembangan media pembelajaran matematika di sekolah, workshop pembelajaran matematika dengan menggunakan kumpulan media pembelajaran matematika yang dikembangkan oleh siswa baik sebagai produk pengembangan media pembelajaran mata kuliah maupun produk hasil belajar skripsi mini.

Laboratorium ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti kantor pusat sub laboratorium, ruang dosen, ruang bengkel dan praktik, ruang asisten laboratorium, ruang alat dan bahan, serta ruang pajangan.

c.   Tools and Function:

· Bor, untuk membuat lubang.

· Gergaji mesin, untuk memotong.

· Gunting, untuk memotong.

· Cutter, untuk memotong.

· Palu, untuk memukul.

· Tang besi, untuk penjepit.

d.  Activities supportedin the laboratory (include the schedule if available):

·     Courses in which thelearning media is needed as the course content with previously scheduled basedon the course time table.

·     Development ofmathematics learning media scheduled based on the learning media course timetable.

·     Students researchinvolving learning media.

e.  Produk/Hasil

· Sejumlah media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar, mis. RumahPerkalian, ANGKA BATANG, KOSUMODOKI, OPER deBAT (Operasi Perkalian dengan Batang: operasi perkalian berbasis batang), Kartu Perkalian, Icosahedron Pintar, dll.

· Sejumlah media pembelajaran untuk siswa sekolah menengah, misalnya TRIPS MATEMATIKA, LINGKARAN MAGIC, HALMATH (Halma dalam Matematika), MATEMATIKA EKSPLORER, GOMAT (Bingo Matematika), dll.

· Sejumlah media pembelajaran untuk siswa SMA, mis. TRITUTHELLO

 (Trigonometri Turunan Othello), LOGICSLIDER, PUMA (PUZZLE LOGARITMA), KOMA, ULAR TANGGA TRIGONOMETRI (UTARI), UNO Stacko Trigono, dll.

3) Laboratorium PMRI

Laboratorium Realistic Mathematics Education (RME) adalah laboratorium penelitian berbasis pendidikan yang fokus pada pengembangan teori dan materi pembelajaran matematika dengan menggunakan konsep Matematika Realistik (fenomenologi didaktis, reinvention terbimbing, dan pemodelan emergent) dan Literasi Matematika (PISA, Masalah Kontekstual, Masalah) Pemecahan, Pengalaman Matematika Kehidupan Nyata). Laboratorium RME didukung dengan Ruang Diskusi, Ruang RME, Referensi hardcopy RME, Design Research, danPISA, Sumber daya digital (http://matematika.fmipa.unesa.ac.id/on menu matematika realistik), Koleksi Siswa tentang RME, Desain Riset, dan Skripsi terkait PISA, Publikasi Kajian Dosen RME, DesignResearch, dan artikel terkait PISA, serta Contoh Media Pembelajaran.

Beberapa skripsi terkait dengan pengembangan Proses Belajar Mengajar berbasis RME yang dihasilkan oleh mahasiswa. Gambar-gambar berikut adalah contoh dari skripsi terkait RME, Design Research, dan Mathematical Literacy.


The title from left to right

  1. Penerapan Pendekatan RME pada Topik Proporsi di Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
  2. Pengembangan LKS Berbasis Literasi Matematika pada Topik Statitik
  3. Penerapan RME pada topik Circle untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP
  4. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas 9 pada Topik Gambar 3 Dimensi Menggunakan RME
  5. Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Scaffolding pada Topik Proporsional, dan sebagainya.

Mahasiswa tidak hanya menghasilkan skripsi tetapi juga artikel yang dimuat di jurnal terindeks. Penelitian juga melibatkan laboratorium komputasi dan media pembelajaran untuk mengembangkan pembelajaran berbasis TIK. Berikut adalah contoh publikasi siswa.

 


 


Beberapa konten digital yang dikembangkan oleh laboratorium RME dan rekan-rekannya dalam Proyek RME dapat diakses dari http://matematika.fmipa.unesa.ac.id/with menu matematika realistik.


a.  PIC/Dosen       : Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc.

b.  Description         :

Laboratorium Realistic Mathematics Education (RME) merupakan laboratorium penelitian berbasis pendidikan yang fokus pada pengembangan teori dan materi pembelajaran mata pelajaran matematika dengan menggunakan konsep Matematika Realistik (fenomenologi didaktis, penemuan kembali terbimbing, dan pemodelan emergent) dan Literasi Matematika (PISA, Masalah Kontekstual) , Pemecahan Masalah, Pengalaman Matematika Kehidupan Nyata). Laboratorium RME didukung dengan Ruang Diskusi, Ruang RME, Referensi hardcopy RME, Design Research, dan PISA, Sumber daya digital (http://matematika.fmipa.unesa.ac.id/ pada menu matematika realistik), koleksi siswa pada RME, Riset Desain, dan Skripsi terkait PISA, Publikasi Kajian Dosen RME, Riset Desain, dan artikel terkait PISA, serta Contoh Media Pembelajaran.

c.   Alat-Alat dan Fungsi:

·   Media Pembelajaran dengan Karakteristik Matematika Realistik 

 

d.  Kegiatan yang didukung di laboratorium (sertakan jadwal jika tersedia): 


Mahasiswa tidak hanya menghasilkan skripsi tetapi juga artikel yang dimuat di jurnal terindeks. Penelitian juga melibatkan laboratorium komputasi dan media pembelajaran untuk mengembangkan pembelajaran berbasis TIK. Berikut adalah contoh publikasi siswa.


e.  Products/outcomes

Beberapa skripsi terkait dengan pengembangan Proses Belajar Mengajar berbasis RME yang dihasilkan oleh mahasiswa. Gambar-gambar berikut adalah contoh dari skripsi terkait RME, Design Research, dan Mathematical Literacy.

· Penerapan Pendekatan RME pada Topik Proporsi di Sekolah Menengah Pertama Kelas 8

· Pengembangan LKS Berbasis Literasi Matematika pada Topik Statistika

· Penerapan RME pada topik Circle untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP

· Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas 9 pada Topik Gambar 3 Dimensi Menggunakan RME

· Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Scaffolding pada Topik Proporsi


4) Laboratorium Microteaching

a.  PIC/Dosen       : Dini Kinati Fardah, S.Pd.Si., M.Pd.

b.  Descripsi         :

Laboratorium microteaching merupakan wadah untuk melaksanakan praktik mengajar oleh mahasiswa program studi pendidikan matematika di bawah mata kuliah microteaching yang didukung oleh sarana prasarana shooting dan video editing hingga dihasilkan produk video praktik pembelajaran. Video yang dihasilkan kemudian dievaluasi bersama dengan dosen pengampu mata kuliah microteaching.

Laboratorium microteaching ini jika tidak digunakan oleh mahasiswa juga dapat digunakan oleh dosen untuk menghasilkan video pembelajaran.

Hal tersebut didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap seperti ruang praktek pembelajaran, ruang edit video, dan sarana pendukung untuk pelaksanaan pembelajaran, serta sarana produksi video instruksional.

c.   Alat-alat dan Fungsinya:

·     Interactive Board

·     Camcoder

·     Memory camcoder

·     tripot kamera camcoder

·     Camera Digital

·     microphone

·     Shootgun Mic + hotsoe+windscreen

·     box jack kabel(audio-video)

·     Communication Radiocrew lab

·     mixer audio

·     mixer video

·     Computer Desktop

·     UPS

·     All in One Computer(Core i5)

·     Video Capture

·     Cable mic (100 m)

·     headphone

·     Cable audio-video(RCA)

·     Jack

·     Program Pinnacle (NewVersion)

·     Program Ulead VideoEditor (New Version)

·     Program sonyvegas (NewVersion)

·     Program ProteusSuite  (New Version)

·     Program ISpring

·     Program Wondershare

·     Program KVSoftflipbook Maker (New Version)

·     Program Flip PDF Professional

·     Program 3D Flipbookmaker pro

·     Program Flash Pro (NewVersion)

·     Program Antivirus

·     printer & ScannerColour

·     DVD Copy Maker (duplicator)

·     Speaker Active

·     LCD Projector

·     Screen motorize

·     Whiteboard

·     hardisk external

·     LED TV 24"

·     clip-ON mic wireless

·     clip-ON mic wireless

d.  Activities supportedin the laboratory (include the schedule if available):

· Praktik pembelajaran matematika pada mata kuliah microteaching oleh mahasiswa program studi pendidikan matematika yang biasanya dilaksanakan pada semester enam.

· Pengembangan video pembelajaran matematika.

e.  Produk-produk/Hasil

Video praktik pembelajaran