Laporan Hasil Analisis Kepuasan Mahasiswa di Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA Unesa 2024

Surabaya, 2024. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) yang dilakukan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), ditemukan bahwa rata-rata setiap dimensi kinerja dan kepuasan mahasiswa S1 Pendidikan Matematika menunjukkan perbedaan antara kenyataan dan harapan. Analisis ini menunjukkan bahwa rata-rata kenyataan selalu lebih kecil dari harapan, yang berarti terdapat gap negatif pada setiap dimensi yang diukur.
Hasil Analisis
Dalam grafik yang ditampilkan, terlihat perbandingan antara rata-rata harapan dan kenyataan pada lima dimensi utama: Transparansi, Tanggung Jawab, Responsif, Akuntabilitas, dan Kredibilitas. Semua dimensi menunjukkan bahwa nilai kenyataan (ditunjukkan dengan batang merah) lebih rendah dibandingkan dengan nilai harapan (ditunjukkan dengan batang biru).
Dimensi dengan Kesesuaian Tertinggi dan Terendah
Indikator dengan kesesuaian tertinggi mencapai 96,54%, yaitu kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan. Sebaliknya, indikator dengan tingkat kesesuaian paling rendah adalah kepedulian petugas dalam menerima keluhan terkait layanan keuangan dan sarana prasarana, dengan nilai kesesuaian 91,87%.
Prioritas Utama untuk Perbaikan
Terdapat enam indikator pelayanan yang seharusnya menjadi prioritas utama menurut para responden, namun manajemen UNESA belum melaksanakan ketiganya sesuai dengan keinginan responden, sehingga menimbulkan rasa ketidakpuasan. Berikut adalah detail variabel indikatornya:
- Kemampuan dan kecepatan petugas dalam memberikan layanan bidang penalaran, minat, dan bakat.
- Kepedulian petugas dalam menerima keluhan terkait layanan BK, kesehatan, dan beasiswa.
- Kejelasan SOP untuk proses pengajuan pembayaran/keterlambatan/keringanan UKT.
- Kemampuan dan kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan proses peminjaman/penggunaan fasilitas sarana prasarana untuk kegiatan mahasiswa.
- Kepedulian petugas dalam menerima keluhan terkait layanan keuangan dan sarana prasarana.
- Kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana, dan prasarana.
Dengan adanya hasil analisis ini, diharapkan pihak manajemen UNESA dapat segera mengambil langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dan kualitas pelayanan yang diberikan.
Infografis Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa S1 PMat Unesa 2024