Laporan Hasil Analisis Kepuasan Dosen di Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA Unesa 2024

Surabaya, 2024 - Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) yang dilakukan terhadap kepuasan dosen di Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA, ditemukan bahwa rata-rata setiap dimensi kenyataan selalu lebih kecil dari harapan. Artinya, terdapat gap negatif pada setiap dimensi yang diukur. Hal ini menunjukkan bahwa ekspektasi dosen terhadap berbagai aspek layanan belum sepenuhnya terpenuhi.
Dalam analisis tersebut, rata-rata skor harapan dan kenyataan disajikan dalam bentuk grafik batang yang menggambarkan lima dimensi utama: Transparansi, Tanggung Jawab, Responsif, Akuntabilitas, dan Kredibilitas. Dari grafik tersebut, terlihat bahwa skor harapan (ditunjukkan dengan batang berwarna biru) selalu lebih tinggi dibandingkan dengan skor kenyataan (ditunjukkan dengan batang berwarna merah).
Indikator dengan tingkat kesesuaian tertinggi adalah pada proses rekrutmen, seleksi, dan pemberhentian dosen yang mencapai 95,35%. Hal ini menunjukkan bahwa proses tersebut sudah sesuai dengan perencanaan kebutuhan dan SOP yang berlaku. Namun, indikator dengan tingkat kesesuaian paling rendah adalah pada ketepatan pencairan gaji, sertifikasi dosen, dan remunerasi setiap bulan yang hanya mencapai 81,40%.
Satu indikator pelayanan yang seharusnya menjadi prioritas utama menurut para responden adalah aksesibilitas dalam mengakses sistem informasi melalui SSO. Namun, manajemen UNESA belum melaksanakannya sesuai dengan keinginan responden, sehingga menimbulkan rasa ketidakpuasan.
Hasil analisis ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi manajemen UNESA untuk meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi ekspektasi dosen di masa mendatang.
Infografis laporan kepuasan dosen S1 Pendidikan Matematika FMIPA Unesa 2024